Loading...
Sunday 16 June 2013

Resep Cara Membuat Kue Semprong Renyah



Resep Cara Membuat Kue Semprong Renyah

Kue semprong umumnya berbentuk gulung atau dilipat menjadi empat dan ada juga yang berbentuk kipas, walaupun kue ini bisa dikreasikan dengan berbagai bentuk sesuai selera. Kue ini memiliki karakteristik yang renyah, gurih, manis dan disajikan dalam wadah/ toples kedap udara agar tetap garing. Di beberapa daerah, dikenal juga dengan sebutan krupuk gambir, opak gambir, opak gulung atau kue sapit. Dengan berbagai varian dan rasa membuat makanan ini menjadi jajanan tradisonal oleh-oleh khas dari beberapa daerah di Indonesia, termasuk opak gambir yang populer di Blitar. Kue semprong digolongkan juga ke dalam jenis kue kering tradisional dan dapat menjadi salah satu menu hidangan lebaran hari raya Idul Fitri, selain itu kue ini juga enak untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Bahan Membuat Kue Semprong Renyah :
  • 500 gram tepung beras
  • 300 gram gula pasir
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 850 ml santan kental
  • 6 butir telur
  • secukupnya minyak untuk oles cetakan
Cara Membuat Kue Semprong Renyah :
  1. Kocok telur hingga mengembang, masukkan tepung, gula dan kayu manis lalu tuangkan santan sambil diaduk hingga gula larut.
  2. Panaskan cetakan semprong, olesi permukaannya dengan sedikit minyak. Masukkan adonan sekitar 2 sendok makan, ratakan dan tutup.
  3. Panggang hingga matang sambil cetakan terus dibolak-balik, angkat dan segera bentuk sesuai selera. Sajikan dalam wadah kedap udara.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
TOP