Loading...
Sunday, 23 June 2013

Ternak Kenari Jitu





Salam kicau Mania, Kali ini Mr.green akan share beberapa Tips Dan Cara Ternak Burung Kenari
seperti yang  pernah saya bilang di posting Cara Merawat Burung Kenari Agar Tetap Gacor .

Burung kenari memang burung yang sangat di gemari oleh banyak nya para master kicau mania.
hingga banyak nya para pencinta burung kicau ini yang tadi nya hanya merawat dan hanya senang dengan suara nya saja .
sampai - sampai  mereka ingin mencoba terjun ke dalam cara menternakan nya, di karenakan burung ini bisa di ternak oleh kita semua,tetapi kita juga harus bisa menguasai cara - cara mengkawinkan  nya.
maka dari itu saya akan share beberapa cara ternak burung kenari untuk para pemula yang ingin mencoba menternakan nya.

Beberapa hal yang mesti kita inggat adalah memilih indukan yang sudah mapan untuk di ternakan,dari segi usia kesiapan untuk ternak yg baik minimal usia 6 bulan bagi kenari betina, dan 8 bulan untuk kenari jantan.

Beberapa Proses  Tips Penjodohan :

  1. Pertama dalam proses penjodohan pisahkan  dan jauhkan burung jantan dan betina 1-2 hari agar kedua burung tersebut naik birahi nya.
  2. Setelah itu dekatkan atau dempet kedua burung tersebut bila kenari jantan sudah benar - benar gacor dalam  ke seharian nya,dan betina sudah matang kelamin atau kloaka terlihat bengkak memerah dan sudah menyusun sarang di sangkar lainnya, proses mengawinkan baru dimulai.
  3. Jika kondisi sudah seperti yang saya sebutkan di atas, maka pilihlah waktu pagi hari setelah kita selesai bersih-bersih dan memberi pakan semua momongan, masukkan jantan kenari yang sudah siap itu ke sangkar kenari betina.
  4. Jika setelah dimasukkan si kenari jantan tidak juga segera mau naik mengawini si betina, ambillah kenari gacor kita yang lainnya, dan dekatkan ke sangkar jantan-betina yang sedang akan kita kawinkan.
  5. Begitu melihat pesaing datang, biasanya kenari jantan akan segera naik ke atas betina dan terjadilah perkawinan.
  6. Biarkan jantan dan betina kenari berduaan sampai sekitar 1 jam. Dalam rentang waktu itu, biasanya terjadi 2-3 kali perkawinan atau lebih.
  7. kemudian pisahkan jantan dan betina kenari sehingga keduanya tidak saling lihat.
  8. Ulangi kesemua langkah di atas selama 3 hari berikutnya., setelah lewat 4 hari masa perkawinan, kenari jantan dan betina tidak perlu dicampur lagi. Betina akan bertelur dan mengerami sendiri telur-telurnya. 



Proses Pengeraman :  Dalam proses Ternak kenari, jika sepasang kenari sudah berjodoh dan sang betina telah siap untuk bertelur, maka waktu yang dibutuhkan kenari betina untuk mengerami telur nya sekitar 21 hari. Ketika proses mengerami, diutamakan diberi pakan yang bergizi seperti sawi, atau telur puyuh. Karena akan memengaruhi ukuran telur, jiga nutrisi yang didapat cukup.

Sekian Cara Ternak Burung Kenari  dari saya, semoga bermanfaat buat agan - agan semua :)



0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
TOP