Loading...
Friday 3 May 2013

RESEP, MANFAAT DAN KHASIAT JAMUR TIRAM

ASAM AMINO ESENSIAL
Asam Amino merupakan senyawa yang memiliki fungsi penting bagi proses metabolisme tubuh manusia terutama adalah sebagai penyusun protein atau sebagai kerangka molekul-molekul penting. Sedangkan Asam Amino Esensial adalah Asam Amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia karena sel-sel tubuh tidak dapat mensintesisnya, justru sebagian besar asam amino hanya dapat disintesis oleh sel tumbuhan. Oleh karena itu, untuk memenuhi akan kebutuhan tersebut maka tubuh memerlukan pasokan atau memasoknya dari luar melalui makanan.
Setidaknya ada delapan atau sembilan asam amino esensial yang harus dipenuhi dari diet sehari-hari, yaitu isoleusin, leusin, lysine, methionin, fenilalanin, theonin, trypthofan dan valin. Histidina dan arginina disebut sebagai setengah atau semi esensial karena tubuh manusia dewasa sehat mampu memenuhi kebutuhannya. Asam amino karnitina juga bersifat semi esensial dan sering diberikan untuk kepentingan pengobatan.

JAMUR TIRAM
Jamur tiram (Pleurotus Ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok basidiomycota dan termasuk kelas homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.
Jamur tiram yang biasa dijadikan sebagai bahan makanan yang sarat nutrisi ini, selain mengandung protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi ternyata juga memiliki kandungan jenis asam amino esensial yang lengkap. Terdapat sembilan jenis asam amino yang diketahui terkandung pada jamur tiram, yaitu lysine, methionin, trypthofan, theonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenilalanin.
Vitamin yang terdapat pada jamur tiram diantaranya adalah :  B1 (thiamin), B2 (ribovlafin), niasin dan biotin. Sedangkan untuk mineralnya jamur tiram mengandung kalium, pospor, ferrum, calsium, natrium, magnesium, cuprom dan lain-lain. Keunggulan lain dari jamur tiram adalah tergolong ke dalam makanan atau penganan yang sehat karena bebas dari pestisida, pupuk dan bahan-bahan kimia lainnya.

MANFAAT DAN KHASIAT
Jamur tiram baik dan aman untuk dikonsumsi setiap hari karena kandungan kalorinya rendah bahkan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Secara garis besar, manfaat jamur tiram adalah berfungsi menekan kolesterol jahat di dalam darah, menyerap kelebihan kadar gula dalam darah dan menyeimbangkan metabolisme tubuh.
Jamur tiram memiliki khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes dan anemia. Di samping itu, juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan, antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), antijamur, antibakteri, melawan atau menurunkan kolesterol serta bertindak sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

RESEP SAYUR BENING JAMUR TIRAM

Bahan dan Bumbu :
  • 250 gram jamur tiram, cuci, potong-potong
  • 3 gelas air
  • garam, merica dan gula secukupnya
  • bawang merah goreng untuk taburan
CARA MEMBUAT SAYUR BENING JAMUR TIRAM :
  1. Didihkan air dalam panci lalu masukkan jamur tiram. Masukkan garam, merica dan gula secukupnya, aduk supaya larut.
  2. Angkat sayur jamur setelah matang, tempatkan dalam suatu wadah atau mangkuk sayur lalu taburi bawang merah goreng di atasnya. Sajikan.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
TOP