Loading...
Monday 13 May 2013

Resep Cara Membuat Sop Buntut Sapi (Sup Buntut Sapi) Luar Biasa

Resep cara membuat sop buntut sapi (sup buntut sapi) terdiri dari bahan dasar buntut sapi. Menurut data wikipedia, setidaknya ada 5 macam sop buntut yang terkenal di semua negara. Kelima sop itu adalah masakan sop Cina yang mirip dengan semur, masakan tradisional orang Korea, masakan etnis orang Amerika Serikat bagian Selatan yang telah eksis semenjak zaman sebelum adanya perang revolusi Amerika, sop kuah tebal yang terkenal di negara Britania Raya dan sudah ada semenjak abad kedelapan belas, dan terakhir adalah sop ekor sapi bakar atau goreng yang dicampur dengan berbagai variasi sop yang menjadi masakan terkenal di negara kita. Selain itu, ada juga yang namanya sop buntut Kreol. Sop ini komposisinya terdiri dari irisan tomat yang dipadukan dengan daging buntut sapi, kacang hijau, kentang, mirepoix, jagung, rempah-rempah, dan bawang putih. Sebenarnya ada banyak sekali variasi-variasi sop, terutama di Indonesia sendiri. Mungkin karena banyaknya bahan rempah-rempah dan bahan-bahan lain yang sangat mudah didapatkan di Indonesia. Karena semua sudah mengetahui kalau Indonesia itu kaya dengan rempah-rempahnya. Untuk ituah variasi-varias masakan sop bermunculan terutama sop buntut yang sangat banyak digemari orang.

Resep cara membuat sop buntut sapi (sup buntut sapi) khas Indonesia dibuat dari potongan-potongan buntut sapi yang kemudian diberi berbagai macam bumbu lalu digoreng atau dibakar atau dicampur ke dalam kuah kaldu sapi yang warnanya agak jernih, dilengkapi dengan berbagai irisan seperti wortel, kentang, daun bawang, tomat,  bawang goreng, dan juga selederi. Bumbu yang biasa dipakai untuk membuat sop buntut khas Indonesia adalah bawang putih, bawang merah, serta bahan rempah-rempah seperti pala, cengkeh, dan merica atau lada. Selain disajikan bersama kaldu sapi, sop buntut kadang juga disajikan dalam bentuk kering, yang dikenal dengan nama sop buntut goreng. Nah untuk saat ini, kita akan pelajari bagaimana cara membuat sop buntut sapi yang biasa dibuat namun luar biasa enaknya. Mau tahu? Kita simak resep di bawah ini.

Bahan untuk membuat sop buntut sapi :
sop buntut
  • air dua liter, nanti dipakai untuk merebus
  • margarin lima sendok makan
  • ekor / buntut sapi satu kilo gram dan potong-potong
  • kentang sebanyak 6 buah. kentangnya potong kecil-kecil.
  • Iris tipis daun selederi satu lembar
  • wortel sebanyak 9 buah, juga dipotong-potong
  • Bawang merah yang digoreng.
Bahan untuk membuat bumbu sop :
  • MSG atau penyedap rasa masakan
  • Lada. Kalau bisa lada yang putih
  • dua centi meter biji pala
  • lima siung bawang putih
  • enam buah cengkeh 
  • gula pasir dan garam
  • satu buah tomat, diiris
  • dua centi meter kayu manis
Langkah-langkah membuat sop :
  1. Pertama-tama, daging ekor sapi dicuci terlebih dahulu hingga bersih.
  2. Rebuslah buntut sapi dengan air yang sudah disiapkan. Lalu air buat merebus itu dibuang dan diganti dengan air yang masih baru. Panaskan lagi.
  3. Sementara itu, haluskan  bahan-bahan (lada, garam, biji pala, dan bawang putih).
  4. Panaskan margarin untuk menggoreng bumbu.
  5. Lada, garam, biji pala, dan bawang putih yang dihaluskan tadi kemudian digoreng.
  6. Masukkan juga cengkeh dan kayu manis. Jika baunya sudah sedap, bumbu-bumbu tadi diangkat.
  7. Balik lagi ke buntut sapi. Jika air rebusan sudah menyisakan kira2 1 ltr dan buntut sapi agak empuk,  bumbu goreng tadi dimasukkan.
  8. Tambahkan kentang dan wortel yang telah dipotong-potong
  9. Sop direbus hingga benar-benar matang dan buntut sapi menjadi empuk.
  10. Beri penyedap rasa, gula, dan daun seledri secukupnya.
  11. Semuanya aduk-aduk hingga rata, lalu angkat.
  12. Tuangan sop pada wadah. Untuk menyempurnakannya, tambahkan irisan bawang goreng dan tomat.
Resep cara membuat sop buntut sapi (sup buntut sapi) enaknya dibuat sebagai lauk nasi putih. Dan lebih enak lagi disajikan bersama sambal pedas. Wah, pasti ngeces ni... apalagi dibuat buka puasa. Aroma sop yang sedap dan harum bisa membangkitkan selera makan dan bikin ketagihan. Kalau udah buat sopnya, jangan lupa ya kasih sedikit ke tetangga. Baunya yang sedap itu bisa bikin ngiler tetangga, makanya sisakan sedikit buat mereka.

Artikel Terkait :
Baca Juga :

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Toggle Footer
    TOP