Loading...
Saturday 27 April 2013

Resep Cara Membuat Nasi Goreng Jawa Spesial

Resep cara membuat nasi goreng jawa adalah segelinter dari beberapa jenis resep nasi goreng yang ada di Indonesia. Nasi goreng jawa biasanya dicampur pakai sambal yang dihaluskan dengan memakai cobek dan rasanya lumayan bahkan pedas. Kadang juga diberi campuran tauge atau kecambah. Selain nasi goreng jawa, ada nasgor jenis lain, beberapa di antaranya adalah nasi goreng ikan asin, dinamakan seperti itu karena bahan yang dipakai adalah ikan asin, ini termasuk makanan khas Indonesia sendiri. Nasi goreng kambing, di mana bahan yang dipakai adalah daging kambing dan mempunyai bau yang khas. Lalu ada juga nasi goreng pete, terdapat tambahan petai di dalamnya, kalau penggemar petai pasti suka masakan ini. Nasi goreng pattaya, kalau yang ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Thailand, lucunya adalah nasgornya dibungkus pakai telor dadar. Nasi goreng putih, karena tidak menggunakan banyak bumbu, maka nasinya masih agak keputih-putihan, paling-paling pakai kecap asin. Kemudian ada nasi goreng Fujian / Fukien, yang  menyajikannya dengan saus dan masakan ini dari daerah Kanton. Di Kanton juga terdapat nasi goreng Singapura yang membumbui nasgornya dengan kare berwarna kuning. Dan masih banyak lagi ragam nasi goreng lainnya, mungkin akan saya lanjutkan juga pada postingan selanjutnya jika masih membahas masakan yang sejenis.

Resep cara membuat nasi goreng jawa ini nantinya akan dilengkapi dengan telur dadar, kerupuk udang, mentimun, dan bawang goreng. Jadi tidak saya tambahkan tauge atau kecambah karena saya tidak terlalu suka dengan kecambah. Telur dadar ini juga bisa digoreng dengan cara diacak/dikoyak agar hancur yang natinya bisa langsung dicampur dengan nasi gorengnya. Silakan pilih sesuai selera, bisa diacak bisa juga digoreng secara utuh. Jika anda pecinta rasa pedas, alangkah baiknya jika dalam membuat nasi goreng jawa ini menggunakan cabai rawit, tapi jika tidak terlalu suka ya pakai cabai biasa aja yang tidak terlalu pedas. Langsung saja yuk kita simak langkah-langkah membuat nasi gorengnya.

Siapkan bahan-bahan untuk membuat nasi goreng jawa spesial :
nasi goreng jawa
  • Nasi putih sebanyak lima ratus gram (500 gr)
  • Daging sapi yang telah direbus terlebih dahulu lalu diiris sebanyak dua ratus gram (200 gr)
  • Kecap manis untuk penyedap dan pewarna masakan sebanyak dua sendok makan (2 sdm)
  • Udang basah yang dibuang kepala dan kulitnya sebanyak seratus gram (100 gr)
  • Minyak goreng untuk menggoreng dan menumis bumbu sebanyak dua sendok makan (2 sdm)
Haluskan bumbu-bumbu berikut ini :
  • gula pasir halus setengah sendok teh (0,5 sdt)
  • ketumbar satu sendok teh (1 sdt) untuk menambah sedap masakan
  • bawang merah 6 siung
  • bawang putih 3 siung
  • terasi ikan / terasi terasi udang satu sendok teh (1 sdt)
  • Cabe merah segar 4 buah (buang bijinya jika tidak suka pedas, jika suka pedas ganti dengan cabe rawit merah)
  • garam halus sebanyak satu sendok teh (1 sdt)
Lengkapi nasi goreng dengan :
  • Mentimun 2 buah yang dipotong-potong
  • Bawang goreng untuk menambah sedap aroma nasi
  • Kerupuk udang yang bulat kecil
  • 2 Telur dadar/ceplok, atau telur dadar yang diacak dan dihancurkan
Cara Bikin :
  1. Pertama kita tumis terlebih dahulu bumbu yang dihaluskan.
  2. Tambahkan kecap manis dan tiga sendok makan air putih, lalu aduk dengan spatula.
  3. Udang dan daging sapi dimasukkan, kemudian aduk kembali.
  4. Setelah itu baru tambahkan nasi, dan aduk terus sampai benar-benar matang. Jika nasi sudah dimasukkan, masak dengan menggunakan api kecil saja
  5. Angkat dan hidangkan bersama bahan-bahan pelengkap.
Resep cara membuat nasi goreng jawa | Walaupun kebanyakan orang Indonesia bikin nasi goreng ini sebagai sarapan pagi, tetapi masakan ini juga sudah menjadi pilihan orang-orang untuk menyantapnya pada malam hari dan biasanya dijual oleh pedagang kaki lima, warung-warung sederhana pinggir jalan, maupun restoran-restoran mewah. Nasi goreng seringnya dibuat sesuai jumlah orang yang memesan dan dihitung tiap porsi, soalnya juru masak nasi goreng akan membuat sesuai dengan pesanan dan selera pembeli terutama dalam hal pedasnya. Namun, tidak jarang juga porsi nasi goreng sudah dibuat dalam jumlah yang lumayan banyak dan dibuat sekaligus untuk mempercepat pelayanan pada pelanggan.

Artikel Terkait :
Baca Juga :

      0 comments:

      Post a Comment

       
      Toggle Footer
      TOP